ALAT
DAN BAHAN
Tekan π Pelajari :
Tekan π link di atas.
Pencahayaan dapat menggunakan lilin menyala atau cahaya dari lampu pijar kecil 2,5 V (volt) dan baterai besar 2 buah@ 1,5 V (volt) serta kabel.
Bingkai terbuat dari Styrofoam dan kertas jilid. Untuk derajat dilukis di kertas jilid dengan spidol besar berwarna hitam dengan sudut:
0o , 60 o , 72 o , 90 o , 120 o
dan 180 o
menggunakan busur derajat.
0o , 60 o , 72 o , 90 o , 120 o
dan 180 o
menggunakan busur derajat.
1. Alat :
a. Gunting : 1 buah
b. Pisau Cutter : 1 buah
c. Pulpen : 1 buah
d. Spidol : 1 buah
e. Penggaris : 1 buah
e. Penggaris : 1 buah
f. Busur derajat : 1 buah
2. Bahan :
2. Bahan :
a. Plastik mika
bening : 1 buah
bening : 1 buah
b. Kertas
jilid
buffalo : 2 buah
buffalo : 2 buah
c. Kertas jilid
buffalo kecil : 1 buah
buffalo kecil : 1 buah
d. Styrofoam : 1 buah
e. Doubletip : 1 buah
f. Tambahan
(Lihat keterangan
di bawah)
π π π
Tambahan :
(Lihat keterangan
di bawah)
π π π
Tambahan :
Untuk
pencahayaan
dapat menggunakan
dapat menggunakan
1)
lilin, tatakan lilin
dan korek apinya atau
dan korek apinya atau
2) perangkat baterai,
tempat baterai, kabel
dan bohlam senter
(lampu pijar kecil
dengan fittingnya).
tempat baterai, kabel
dan bohlam senter
(lampu pijar kecil
dengan fittingnya).
Pilih untuk tambahan π π
yang nomor 1 atau 2
(di atas).
yang nomor 1 atau 2
(di atas).
KETENTUAN UNTUK
KELAS IX
PERHATIKAN
KELAS IX
PERHATIKAN
DALAM
UJIAN PRAKTIK IPA
UJIAN PRAKTIK IPA
1. Biaya praktik
per kelas
antara Rp 40.000 –
Rp 50.000 untuk membeli
alat dan bahan, beli sendiri :
antara Rp 40.000 –
Rp 50.000 untuk membeli
alat dan bahan, beli sendiri :
2.
Patungan membeli alat
dan bahan serta lainnya
untuk keperluan membuat
Alat Peraga Cermin Datar
Lipat dari Plastik Mika
Berbingkai Styrofoam per
siswa maksimal Rp 1500,
yang :
dan bahan serta lainnya
untuk keperluan membuat
Alat Peraga Cermin Datar
Lipat dari Plastik Mika
Berbingkai Styrofoam per
siswa maksimal Rp 1500,
yang :
Rp 1500 x 36 siswa
= Rp 54.000
= Rp 54.000
Rp 1500 x 37 siswa
= Rp 55.500
= Rp 55.500
Rp 1500 x 38 siswa
= Rp 57.000
= Rp 57.000
2.
Jika ada sisa uang silakan
kalian atur sendiri untuk
membeli keperluan saat
ujian praktik.
kalian atur sendiri untuk
membeli keperluan saat
ujian praktik.
3.
Patuhi dan teliti cara kerja
pembuatan alat peraga.
pembuatan alat peraga.
4.
Meskipun hasilnya 1 alat
peraga, namun penilaian
akan beda dengan adanya
pertanyaan setelah pembuatan
alat peraga selesai.
peraga, namun penilaian
akan beda dengan adanya
pertanyaan setelah pembuatan
alat peraga selesai.
5.
Ujian praktik IPA ini minimal
berdurasi 2 jam pelajaran
(1 jam 20 menit atau 80 menit
dan maksimal berdurasi 3 jam
pelajaran ( 2 jam atau 120 menit).
berdurasi 2 jam pelajaran
(1 jam 20 menit atau 80 menit
dan maksimal berdurasi 3 jam
pelajaran ( 2 jam atau 120 menit).
6.
Saat ujian praktik tidak boleh
bercanda, sebab alat yang
digunakan adalah benda
yang tajam.
bercanda, sebab alat yang
digunakan adalah benda
yang tajam.
7. Kelas dibagi
dalam
6 Regu
dalam
6 Regu
8. Tiap regu
bertugas
mengerjakan
dalam 6 siswa
atau 6 - 8 siswa
atau lebih,
kalian atur
dari sekarang:
bertugas
mengerjakan
dalam 6 siswa
atau 6 - 8 siswa
atau lebih,
kalian atur
dari sekarang:
a) Grup 1
sampai
dengan 5
beranggota-
kan 6 siswa
dan
sampai
dengan 5
beranggota-
kan 6 siswa
dan
b) Grup 6
beranggota-
kan 6 siswa
atau lebih
dari 6 siswa
beranggota-
kan 6 siswa
atau lebih
dari 6 siswa
c) Grup 1 s.d. 6
terjadi
jika jumlah
siswa 36
sampai 40
siswa
terjadi
jika jumlah
siswa 36
sampai 40
siswa
PEMBAGIAN
KERJA REGU
KERJA REGU
KERJA
REGU 1 ( 6
siswa)
Menyiapkan 2 Kertas
Buffalo
atau Kertas Jilid
atau Kertas Jilid
1. Memotong 1 kertas
buffalo menjadi 2 bagian
menggunakan pisau cutter
atau gunting sehingga
ukurannya seperti
terlihat di dalam gambar.
2. Membuat engsel dari kertas
buffalo kecil atau kertas
buffalo yang dikur sesuai
gambar di bawah ini :
buffalo kecil atau kertas
buffalo yang dikur sesuai
gambar di bawah ini :
REGU 2 ( 6
siswa)
Menyiapkan 1 Styrofoam
(Gabus)
1. Memotong
1 styrofoam menjadi
3 ukuran, yakni:
3 ukuran, yakni:
DI ATAS ππππ
GARIS DENGAN SPIDOL HITAM,
KEMUDIAN POTONG
DENGAN MENGGUNAKAN CUTTER
KEMUDIAN POTONG
DENGAN MENGGUNAKAN CUTTER
REGU 3 ( 6 siswa)
Menyiapkan 1 Plastik
Mika
atau Plastik Jilid Bening
1. Memotong 1 plastik mika menjadi
2 bagian menggunakan pisau cutter
atau gunting sehingga ukurannya sama
dengan kertas buffalo seperti
terlihat di dalam gambar.
atau Plastik Jilid Bening
1. Memotong 1 plastik mika menjadi
2 bagian menggunakan pisau cutter
atau gunting sehingga ukurannya sama
dengan kertas buffalo seperti
terlihat di dalam gambar.
KEMUDIAN POTONG
DENGAN
MENGGUNAKAN CUTTER
SEBAGAI BERIKUT :
2.
Meminta hasil potongan kertas
buffalo dari regu 1, kemudian
menempel plastik
mika di atas
kertas buffalo seperti gambar berikut.
REGU 4 (6 siswa)
Menyiapkan 1 Kertas
Buffalo yang
utuh untuk membuat sudut
utuh untuk membuat sudut
1.
Untuk ukuran 0O, 60O,
72O ,
90O , 120O dan 180 O pada
kertas buffalo yang tidak
dibelah. Dimulai dengan
membuat garis panjang pada
bagian sisi yang lebih
panjang dengan awalnya
lebar 5 cm.
90O , 120O dan 180 O pada
kertas buffalo yang tidak
dibelah. Dimulai dengan
membuat garis panjang pada
bagian sisi yang lebih
panjang dengan awalnya
lebar 5 cm.
Sudut yang dibuat adalah 0O, 60O,
72, 90O , 120O dan 180 O
72, 90O , 120O dan 180 O
Sudut yang digaris πππ
0, 60, 72, 90, 120 dan 180
REGU 5 (6 siswa)
0, 60, 72, 90, 120 dan 180
REGU 5 (6 siswa)
PERAKITAN
(PENYUSUNAN ALAT)
Bagian 1
Bagian 1
1. Merakit
dua Styrofoam yang
berukuran sama menggunakan
engsel dari kertas buffalo kecil
dan didoubletip dahulu
(meminta dari hasil regu
sebelumnya)
berukuran sama menggunakan
engsel dari kertas buffalo kecil
dan didoubletip dahulu
(meminta dari hasil regu
sebelumnya)
.
REGU 6 (6 - 8 siswa atau
Lebih dari 8 siswa)
PERAKITAN
(PENYUSUNAN ALAT)
Bagian 2
Bagian 2
1. Menempel kertas
buffalo yang
ada angka-angka sudut ke Styrofoam
yang ukuranya paling besar (nomor III).
Perhatikan caa menempelnya!
(meminta dari hasil regu sebelumnya).
ada angka-angka sudut ke Styrofoam
yang ukuranya paling besar (nomor III).
Perhatikan caa menempelnya!
(meminta dari hasil regu sebelumnya).
2. Menempel doubletip pada setengah
garis 180o dan 0o seperti ini.
Kemudian mengelem Styrofoam
berengsel dari tengah ke arah 0o .
1.
Melakukan percobaan sebagai
bukti, bahwa alat peraga dua
cermin datar dari plastik mika
ini benar-benar dapat digunakan.
bukti, bahwa alat peraga dua
cermin datar dari plastik mika
ini benar-benar dapat digunakan.
Misalnya mencoba sudut 120o.
Sebagai bendanya adalah lilim
menyala. Sebab tanpa cahaya
alat ini tak menunjukkan
bayangan dan jumlah bayangan
yang kita ingin buktikan.
Di bawah ini ilustrasinya.
Sebagai bendanya adalah lilim
menyala. Sebab tanpa cahaya
alat ini tak menunjukkan
bayangan dan jumlah bayangan
yang kita ingin buktikan.
Di bawah ini ilustrasinya.
Jangan meletakkan liin
menyala
terlalu dekat plastik mika, agar
plastik mika tidak terbakar atau
keriput / mengkerut karena panas.
terlalu dekat plastik mika, agar
plastik mika tidak terbakar atau
keriput / mengkerut karena panas.
Dibuat tahun 2016 oleh siswa . ππ
Lihat rakitan plastik mika dan
kertas buffalo dirapatkan ke
tengah dan bawah styrofoam.
Rakitannya hingga
ke engsel.
Lihat rakitan plastik mika dan
kertas buffalo dirapatkan ke
tengah dan bawah styrofoam.
Rakitannya hingga
ke engsel.
JIKA PENCAHAYAAN
MENGGUNAKAN
LAMPU PIJAR
πππ
Seperti halnya contoh di atas, rakitan dirapatkan dahulu
bagian bawah dan tengah. Sehingga bagian atas dan tepinya
akan menyesuaikan dengan ukuran styrofoam. Sebab ukuran luas styrofoam lebih besar daripada ukuran plastik mika dan kertas buffalo.
Lihat jika ukuran plastik mika dan kertas buffalo sama.
TERAKHIR :
Inilah jika πππ digunakan bohlam (lampu pijar)
Pencahayaan dengan baterai,
kabel dan lampu pijar ππππππ
|
BATERAI DI BELAKANG
Jika menggunakan lis dari kertas
buffalo tampak makin cantik.
Asalkan rapi dan paham betul
ukurannya.
Inovasi karya : Azis Syahrul, S.Pd :
Guru
ILMU PENGETAHUAN ALAM
SMP N 15 Kota Tangerang Selatan
SMP N 15 Kota Tangerang Selatan
NIP.
19710904 200003 1 005
Pembina
Tingkat 1/IV b/01 Oktober 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar